Rabu, 22 Mei 2013

Kiat Memilih & Memakai Kosmetika




Saat ini tersedia berbagai kosmetik tata rias yang diformulasikan sesuai jenis kulit. Pilih yang sesuai untuk pemakain sehari-hari dan untuk acara istimewa, sesuai jenis kulit anda.






Alas Bedak
Alas bedak cair dan krim


Serba guna dan cukup terjangkau dari segi harga. Terdiri dari berbagai formula. Misalnya formula bebas minyak yang mengandung pelembap. Untuk formula ini, oleskan dengan jari atau sponge untuk penutup sedang. Untuk penutup lebih, oleskan dengan kuas alas bedak. Untuk kosmetik cair, selalu kocok dulu sebelum digunakan agar ingredien yang lebih berat, yang mengendap di dasar dapat tercampur baik.
Stick foundation


Cocok untuk kulit normal dan untuk bepergian karena mudah dibawa dan tidak tumpah. Mempunyai peran ganda: menyamakan warna kulit dan menutupi noda di wajah.
Compact foundation


Cocok untuk kulit berminyak. Pilih yang tidak terlalu powdery untuk menghindari polesan seperti berkapur.






Perona Mata
Perona mata bubuk


Cocok untuk semua jenis kulit. Bisa digunakan untuk menciptakan efek lembut maupun dramatis dengan warna yang tidak luntur. Ada 3 jenis perona mata bubuk:


matte lembut yang serba guna, perona mata mengkilap ataushimmer dan perona mata glitter yang umumnya digunakan untuk pesta atau tata rias panggung.


Perona mata bubuk dapat menghasilkan polesan tipis jika dioleskan dengan sikat berbulu panjang dan longgar. Untuk mendapatkan polesan yang lebih tebal atau tidak tembus pandang, gunakan sikat dengan bulu sikat padat.
Perona mata krim


Mudah dioleskan dan dibaurkan dengan jari. Hindari jika kelopak mata anda berminyak. Cenderung menggumpal pada garis lipatan mata dan tidak tahan lama.
Perona mata cream to powder


Cocok untuk kelopak mata berminyak. Bisa dioleskan dengan jari. Paling cocok untuk kulit halus dan tahan lama. Oleskan pada kelopak mata polos (tanpa dioleskan produk lainnya).






Garis Mata


Sebagian besar perempuan menggunakan pensil garis mata (eyeliner) karena relatif mudah digunakan dan dibaawa. Kemungkinan salah juga kacil. Kelemahannya: formula wax membuat garis yang dihasilkan cepat luntur. Jika anda tetap lebih suka menggunakan pensil garis mata, buat garis mata dengan pensil garis mata. Lalu olaskan selapis perona mata bubuk diatasnya untuk membuatnya tahan lama.






Untuk mendapatkan hasil yang tahan lama, pilihan terbaik adalah perona mata bubuk. Selain tahan lama, juga mudah digoreskan. Buat garis lurus dan tipis dengan sikat garis mata (eyeliner) yang bulu sikatnya datar atau bersudut.


Tepuk-tepukkan sebelum digoreskan untuk menghilangkan perona mata yang berlebihan agar tidak mengotori wajah. Atau basahi bulu sikat dengan air sehingga perona mata bubuk melekat pada bulu sikat. Polesan dengan sikat sikat yang dibasahkan ini juga menghasilkan garis yang lebih gelap.






Bagi yang terampil bisa memilih garis mata cair atau gel. Formula tahan lama sering juga tahan air. Pilihan yang baik bagi yang punya kebiasaan mengosok mata atau mata mudah berair. Buat garis tipis untuk siang hari. untuk malam hari, bisa buat garis yang lebih tebal.






Perona Pipi
Perona pipi bubuk


Paling mudah digunakan dan paling tahan lama. Mudah dibaurkan dan cocok untuk semua jenis kulit. Untuk mengoreksi warna yang terlalu keras, sapukan bedak wajah diatasnya. Untuk malam hari, coba perona pipi shimmer yang dikenakan tersendiri atau untuk higlightpada tulang pipi dengan dioleskan di atas perona pipi bubuk.
Perona pipi krim


Hindari jika kulit anda berminyak. Cocok untuk kulit yang sangat kering atau berkerut. Kandungan emoillient melembabkan dan membantu warna mudah dioleskan. Oleskan dengan jari atau dengan sponge untuk menambahkan warna secara bertahap. Daya tahannya tidak selama perona pipi bubuk, tapi lebih lama dibanding perona pipi tint dan gel.
Perona pipi tint atau gel


Cocok untuk kulit berminyak. Oleskan dengan cara dicoba-coba dulu. Polesan yang terlalu tebal menghasilkan warna yang tidak merata. Oleskan dengan menggunakan sponge agar tidak menodai jari dan lakukan secara cepat. Jika kering akan sulit dibaurkan.






Perona Bibir
Perona bibir yang sehari–hari biasa disebut dengan lipstick, sangat menentukan riasan akhir. Pilih perona bibir yang mengandung pelembab, vitaman E dan pelindung terhadap sinar matahari. Untuk pemakaian sehari –hari pilih lipstik yang kontemporer, jangan sering menggunakan lipstik yang waterproof karena warna lipstik akan menempel pada bibir dan meninggalkan bekas warna kehitaman.

Salam Cantik Setiap Hari..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar