Sabtu, 18 Mei 2013

Tato Tak Profesional Picu Hepatitis C

Jika Anda berencana untuk membuat tato, pastikan Anda menyerahkannya ke tangan profesional, dan bukan teman. Tinta tato yang tak jelas asal usulnya dan dikerjakan oleh amatiran memicu penyakit hepatitis C.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa tato yang dikerjakan oleh orang yang tidak profesional atau orang yang tidak terampil dalam membuat tato dapat memicu terjadinya infeksi liver akibat darah terkontaminasi tinta tato.

"Tato dan tindik bisa menularkan hepatitis C dan penyakit lainnya jika dilakukan menggunakan alat yang tidak steril. Sebaiknya menghindari membuat tato atau tindik yang dilakukan oleh teman atau orang yang tidak profesional," papar Rania Tohme, ahli epidemiologi medis CDC, dilansir melalui Reuters, Kamis (9/2).

Temuan yang dimuat dalam jurnal Clinical Infectious Diseases ini didasarkan pada penelitian kolektif yang telah dipublikasikan sejak tahun 1994. Secara umum, orang yang memiliki tato dan dibuat oleh orang yang tidak profesional berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi terkena hepatitis C.

Tim Tohme juga menambahkan bahwa narapidana di sel penjara lebih berisiko akan hepatitis C. Hal ini karena tato begitu umum dan banyak dibuat oleh orang yang amatiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar