Sabtu, 18 Mei 2013

Mengganti Daging dengan Kacang Merah


Kacang merah merupakan sumber nutrisi yang baik yang sering digunakan dalam berbagai hidangan.

Berikut ini beberapa manfaat gizi dari kacang merah dan ketahuilah bagaimana kacang super baik ini untuk kesehatan Anda.

Sumber antioksidan. Kacang merah merupakan salah satu makanana terkaya antioksidan. Dengan rutin mengonsumsinya, membantu tubuh Anda melawan radikal bebas dan mengurangi kanker atau penyakit serius lainnya, serta membantu peremajaan kulit.

Sumber serat. Secangkir kacang merah menawarkan setengah kebutuhan harian serat Anda, yang tidak hanya menjaga kesehatan sistem pencenaan, tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol dan mengontrol kadar gula darah.

Alternatif pengganti daging. Sebagai sumber protein, kacang merah akan membantu memperkuat tubuh dan otot, mencegah penyakit jantung dan memberikan asupan energi sepanjang hari. Secangkir kacang merah memberikan lebih dari 15 mg protein yang dibutuhkan tubuh.

Sumber zat besi. Kacang merah merupakan sumber zat besi yang baik yang dibutuhkan ibu hamil, anak-anak dan remaja.

Untuk daya ingat. Untuk mempertahankan daya ingat, diperlukan tiamin (B1) dalam tubuh. Kacang merah juga kaya akan tiamin yang dapat merangsang memori, menghilangkan insomnia, memerangi depresi dan kelelahan, serta menurunkan risiko Alzheimer.

Menjaga berat badan. Makanan dari sumber nabati dan rendah lemak membantu untuk menaikkan tingkat leptin (hormon penekan nafsu makan). Kacang hanya memiliki 2-3 persen lemak yang berarti kacang merang membantu meningkatkan jumlah leptin dan mengurangi nafsu makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar